Sunday, August 21, 2011

Female Undercover


Female Undercover
Dastanbooks, Pustaka Zahra
Norah Vincent
Non-Fiction 



Dengan modal potongan rambut pendek, kacamata, bulu wajah dan penis palsu, serta setelan lelaki, selama satu setengah tahun Norah Vincent—seorang jurnalis yang lesbian—berubah menjadi lelaki. Tanpa ketahuan! Selama delapan belas bulan itu Norah mengganti namanya menjadi Ned dan berusaha menjadi “lelaki sejati”. Ned melakukan segala macam aktivitas lelaki: dengan liga boling khusus lelaki, kencan dengan para wanita, bekerja sebagai salesman dari-pintu-ke-pintu, nongkrong di klub-klub striptease, bahkan tinggal di biara selama tiga minggu!

Buku ini lucu sekaligus serius, cerdas sekaligus menghibur, dan tidak dimaksudkan untuk “menampar” kaum lelaki. Baik perempuan maupun lelaki sama-sama bisa menikmati petualangan Norah yang menghebohkan ini. Salah satu kesimpulan Norah dalam buku ini adalah: sulit menjadi seorang lelaki dengan segala tuntutan dan konsepsi budaya yang begitu mengungkung.

Petualangan ini begitu mengagumkan dan memprovokasi pikiran. Namun Norah harus membayar mahal totalitasnya: setelah satu setengah tahun mengendalikan emosinya sebagai seorang “lelaki”, ia harus mengalami gangguan emosional usai petualangannya itu!

No comments:

Post a Comment